Sistematika
Proposal Penelitian Kualitatif
I.
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam latar
belakang masalah ini perlu dikemukakan gambaran keadaan yang sedang terjadi
selanjutnya dikaitkan dengan peraturan/kebijakan, perencanaan, tujuan, tori,
pengalaman sehingga terlihat adanya kesenjangan yang merupakan masalah.masalah
ini perlu dikemukakan dalam bentuk data.
B. Fokus
Pendidikan
Focus penelitian
ini meruoakan batasan masalah. Pada penelitian kualitatif penentuan fokus
berdasarkan hasil studi pendahuluan, pengalaman, referensi, dan disarankan oleh
pembimbing atau orang yang dipandang ahli.
C. Rumusan
Masalah
Rumusan masalah
dalam penelitian kualitatif tidak berkenaan dengan variabel penelitian, yang
bersifat spesifik tetapi lebih makro dan berkaitan dengan kemungkinan apa yang
terjadi pada objek/situasi social penelitian tersebut.
D. Tujuan
Penelitian
Secara umum
tujuan penelitian adalah untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan
pengetahuan. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian kualitatif adalah untuk
menemukan. Dengan metode kualitatif peneliti akan menemukan pemahaman luas dan
mendalam terhadap situasi social yang kompleks, memahami interaksi dalam
situasi social tersebut sehingga dapat ditemukan hipotesis, pola hubungan yang
akhirnya dapat dikembangkan menjadi teori.
E. Manfaat
Penelitian
Dalam penelitian
kualitatif manfaat penelitian lebih bersifat teoritis yaitu untuk pengembangan
ilmu namun juga tidak menolak manfaat praktisnya untuk memecahkan masalah.
II.
STUDI KEPUSTAKAAN
Studi
kepustakaan berkaitan dengan kajian teoritis dan referensi lain yang terkait
dengan nilai, budaya dan nora yang berkembang pada situasi social yang
diteliti.
A. ………………….……………………………….
B. …………………………………………………….
C. …………………………………………………….
III. PROSEDUR
PENELITIAN
A. Metode
dan Alasan Menggunakan Metode
Dalam hal ini
dikemukakan mengapa metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif.
B. Tempat
Penelitian
Dalam hal ini
perlu dikemukakan tempat di mana situasi social tersebut diteliti.
C. Instrumen
Penelitian
Instrumen utama
adalah peneliti sendiri dan anggota tim peneliti. Untuk itu perlu dikemukakan
siapa yag akan menjadi instrumen penelitian, atau mungkin setelah
permasalahannya dan focus jelas peneliti akan menggunakan instrumen.
D. Sampel
Sumber Data
Sampel data
dipilih secara purposive dan bersifat
snowball sampling.
E. Teknik
Pengumpulan
Teknik
pengumpulan data yang utama adalah observasi participant, wawancara mendalam
studi dokumentasi, dan gabungan ketiganya atau trianggulasi. Kalau tekniknya
observasi maka perlu dikemkakan apa yang akan diobservasi.
F. Teknik
Analisis Data
Dalam penelitian
ini teknik analisis data lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan
data. Tahapan dalam penelitian kualitatif adalah tahap memasuki lapangan dengan
grand tour dan minitour question, analisis datanya dengan analisis domain. Tahap
kedua adalah menentukan focus, teknik pengumpulan data dengan miniyour question, analisis data
dilakukan dengan analisis taksonomi. Selanjutnya pada tahap selection, pertanyaan yang digunakan
adalah pertanyaan structural, analisis data dengan analisis komponensial.
Setelah itu dilanjutkan analisis tema.
G. Rencana
Pengujian Keabsahan Data
Uji keabsahan
data meliputi uji kredibilitas data (validitas internal), uji dependabilitas
(reliabilitas) data, uji transferabilitas ( validitas eksternal /
generalisasi), dan uji konfirmabilitas (obyektivitas). Namun yang utama adalah
uji kredibilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan perpanjangan pengamatan,
meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, member check
dan analisis kasus negatif.
IV. ORGANISASI
DAN JADWAL PENELITIAN
A. Organisasi
Penelitian
Organisasi
penelitian ini perlu dilakukan ketika penelitian dilakkan oleh tim. Dalam
organisasi penelitian ini terdiri atas, ketua tim peneliti, beberapa anggota
peneliti, pengumpul data, benda hara, tenaga administrasi. Masing-masing perlu
dikemukakan uraian tugas dan waktu yang tersedia.
B. Jadwal
Penelitian
Pada umumnya
penelitian kualitatif memerlukan waktu lama antara 6 bulan sampai 24 bulan.
Untuk itu perlu direncanakan jadwal pelaksanaan penelitian.
V.
BIAYA YANG DIPERLUKAN
sumber: Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar