Kamis, 26 Desember 2013

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN R & D



Menurut Buku Metode Penelitian Pendidikan karangan Prof. Dr. Sugiyonolangkah-langkah penelitian dan pengembangan dijelaskan sebagai berikut :
1.      Potensi dan masalah
Potensi adalah segala sesuatu yang bila didaya gunakan akan memiliki nilai tambah.Sedangkan masalah dapat dijadikan potensi apabila kita dapat mendayagunakannya.
2.      Mengumpulkan informasi
Setelah potensi dan masalah dapat ditunjukkan secara factual, dan up to dateselanjutnya perlu dikumpulkan berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai bahan untuk perencanaan produk yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.
3.      Desain produk
Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan bermacam-macam.Dalam bidang teknologi, orientasi produk teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia adalah produk yang berkualitas, ergonomis, dan bermanfaatganda.
4.      Validasi desain
Merupakan proses kegiatan untuk menilai apakah rancangan produk, dalam hal inimetode mengajar baru secara rasional akan lebih efektiv dari yang lama atau tidak.Dikatakan secara rasional, karena validasi disini masih bersifat penilaian berdasarkan pemikiran rasional,belum fakta lapangan.
5.      Perbaikan desainYang
Bertugas memperbaiki desain adalah peneliti yang mau menghasilkan produk yang lebih bagus.
6.      Uji coba produk
Dalam bidang pendidikan, desain produk seperti metode mengajar baru langsungdiuji coba, setelah divalidasi dan direvisi
7. Revisi produk Pengujian efektifitas metode mengajar baru pada sampel yang terbatas tersebutmenunjukkan bahwa metode mangajar baru lebih efektif dari pada metode lama.
8.      Uji coba pemakaian
Setelah pengujian terhadap produk berhasil, dan mungkin ada revisi yabg tidak terlalu penting selanjutnya produk yang berupa metode mengajar baru diterapkan dalamlingkup lembaga pendidikan yang luas.
9.      Revisi produk
Dilakukan apabila dalam pemakaian dalam lembaga pendidikan terdapat kekurangandan kelemahan. Dalam uji pemakaian sebaiknya pembuat produk selalu mengevaluasi bagaimana kinerja produk dalam hal ini adalah metode mengajar.
10.  Pembuatan produk masalBila produk yang berupa metode mengajar baru tersebut telah dinyatakan efektif dalam beberapa kali pengujian maka meode mengajar baru tersebut dapat diterapkandalam setiap lembaga pendidikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar