Menurut Buku Metode
Penelitian Pendidikan karangan Prof. Dr. Sugiyonolangkah-langkah penelitian dan
pengembangan dijelaskan sebagai berikut :
1.
Potensi dan masalah
Potensi adalah segala
sesuatu yang bila didaya gunakan akan memiliki nilai tambah.Sedangkan masalah
dapat dijadikan potensi apabila kita dapat mendayagunakannya.
2. Mengumpulkan informasi
Setelah potensi dan
masalah dapat ditunjukkan secara factual, dan up to dateselanjutnya perlu
dikumpulkan berbagai informasi yang dapat digunakan sebagai bahan untuk
perencanaan produk yang diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut.
3. Desain produk
Produk yang dihasilkan
dalam penelitian dan pengembangan bermacam-macam.Dalam bidang teknologi,
orientasi produk teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia
adalah produk yang berkualitas, ergonomis, dan bermanfaatganda.
4. Validasi desain
Merupakan proses
kegiatan untuk menilai apakah rancangan produk, dalam hal inimetode mengajar
baru secara rasional akan lebih efektiv dari yang lama atau tidak.Dikatakan
secara rasional, karena validasi disini masih bersifat penilaian berdasarkan pemikiran
rasional,belum fakta lapangan.
5. Perbaikan desainYang
Bertugas memperbaiki
desain adalah peneliti yang mau menghasilkan produk yang lebih bagus.
6. Uji coba produk
Dalam bidang pendidikan,
desain produk seperti metode mengajar baru langsungdiuji coba, setelah
divalidasi dan direvisi
7. Revisi produk Pengujian efektifitas metode mengajar baru pada
sampel yang terbatas tersebutmenunjukkan bahwa metode mangajar baru lebih
efektif dari pada metode lama.
8.
Uji coba pemakaian
Setelah pengujian
terhadap produk berhasil, dan mungkin ada revisi yabg tidak terlalu penting selanjutnya produk yang berupa metode mengajar baru diterapkan dalamlingkup
lembaga pendidikan yang luas.
9.
Revisi produk
Dilakukan apabila dalam
pemakaian dalam lembaga pendidikan terdapat kekurangandan kelemahan. Dalam uji
pemakaian sebaiknya pembuat produk selalu mengevaluasi bagaimana kinerja
produk dalam hal ini adalah metode mengajar.
10. Pembuatan produk masalBila
produk yang berupa metode mengajar baru tersebut telah dinyatakan efektif dalam
beberapa kali pengujian maka meode mengajar baru tersebut dapat diterapkandalam
setiap lembaga pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar