Senin, 09 Desember 2013

PROSES PENELITIAN MASALAH, DAN VARIABEL DALAM PENELITIAN KUANTITATIF



1.       Proses penelitian kuantitatif
gambar. komponen dan proses penelitian
         

                        
          Setiap penelitian berawal dari masalah, namun masalah yang dibawa peneliti kuantitatif dan kualitatif berbeda. Dalam penelitian kuantitatif masalah yang dibawa oleh peneliti harus sudah jelas, sedangkan masalah dalam penelitian kualitatif masih bersifat sementara dan akan berkembang setelah peneliti memasuki lapangan.
            Setelah masalah dibatasi diidentifikasikan, dan dibatasi maka selanjutnya masalah tersebut dirumuskan. Bentuk rumusan masalah berupa kalimat pertanyaan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut peneliti menjawabnya dengan teori. Jawaban awal terhadap rumusan masalah yang menggunakan teori tersebut dinamakan hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian.
                    Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji lapangan dengan melakukan pengumpulan data secara empiris. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan pengarahan untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis yang diajukan. Dalam penelitian kuantitatif analisis data menggunakan statistic. Statistic yang digunakan dapat berupa statistic deskriptif dan inferensial/induktif.
              Data hasil analisis selanjutnya disajikan dan diberikan pembahasan. Setelah hasil penelitian diberikan penjelasan, maka selanjutnya dapat disimpulkan. Kesimpulan berisi jawaban singkat setiap rumusan masalah berdasar data yang telah terkumpul.
2.       Masalah
Penelitian memiliki tujuan untuk mendapatkan data yang berfungsi untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu setiap penelitian yang dilakukan harus berangkat dari masalah. Stonner (1982) mengatakan bahwa masalah-masalah dapat ditemukan apabila terdapat penyimpangan antara pengalaman dengan kenyataan, antara apa yang direncanakan dengan kenyataan, adanya pengaduan , dan kompetisi.
3.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah berbeda dengan masalah. Kalau masalah merupakan kesenjangan antara yang diharapkan dengan yang terjadi, maka rumusan masalah itu merupakan suatu pertanyaan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data. Bentuk rumusan masalah penelitian ini dikembangkan berdasarkan penelitian menurut tingkat eksplanasi.
a.       Rumusan masalah deskriptif
Suatu rumusan masalah yang berkenaan dengan pertanyaan terhadap keberadaan variable mandiri, baik hanya pada satu variable atau lebih. Contohnya:
-          Seberapa baik kinerja Depdiknas?
-          Bagaimana sikap masyarakat kebijakan MBS di Indonesia?
b.      Rumusan masalah komparatif
Rumusan masalah penelitian yang membandingkan keberadaan satu variable atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda, atau pada waktu yang berbeda. Contohnya:
-          Adakah perbedaan disiplin kinerja guru antara sekolah di Kota dan di Desa? (satu variable dua sampel)
-          Adakah perbedaan kompetensi professional guru dan kepala sekolah antara SD,SMP, dan SMA? (satu variable untuk dua kelompok, pada tiga sampel)
c.       Rumusan masalah asosiatif
Rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyaan hubungan antara dua variable atau lebih. Terdapat tiga bentruk, diantaranya:
1)      Hipotesis simetris
Suatu hubungan antara dua variable atau lebih yang kebetulan munculnya sama. Contohnya: adakah hubungan antara rumah yang dekat rel kereta api dengan jumlah anak?, adakah hubungan warna rambut dengan kemampuan memimpin sekolah?
2)      Hubungan kausal
Hubungan yang bersifat sebab akibat. Terdapat variable independen (yang mempengaruhi) dan dependen (dipengaruhi).  Cntohnya: seberapa besar pengaruh tata ruang kelas terhadap efisiensi pembelajaran di SMA?
3)      Hubungan interaktif/timbal balik
Hubungan yang saling mempengaruhi. Disini tidak diketahui mana variable independen dan dependen. Contohnya: hubungan antara motivasi dan prestasi belajar anak SD di Kecamatan. Disini dapat dinyatakan motivasi mempengaruhi prestasi tetapi juga prestasi dapat mempengaruhi motivasi.
4.      Variabel Penelitian
Variable penelitian merupakan segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya. Terdapat macam-macam variable diantaranya:
a.       Variable independen: biasa disebut variabel bebas yang artinya adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).
b.      Variable dependen: biasa disebut variabel bebas yang artinya adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.
gambar. hubungan variabel independen-dependen

c.     Variabel moderator: merupakan variabel yang mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Contohnya: hubungan motivasi dan prestasi belajar akan semakin kuat bila peranan guru dalam menciptakan iklim belajar sangat baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan guru kurang baik dalam menciptakan iklim belajar.

gambar.hubungan variabel independen,moderator,dependen

d       Variabel intervening: merupakan variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi hubungan tidak langsung dan tidak diamati dan diukur.
gambar. Contoh hubungan variabel independen-moderator-intervening, dependen.

 e.       Variabel kontrol: merupakan variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh factor luar yang diteliti. Contohnya: pengaruh jenis pendidikan terhadap ketrampilan dan mengetik. Variabel independennya pendidikan (SMU dan SMK), variabel control yang ditetapkan sama misalnya, adalah naskah yang diketik sama, mesin tik yang digunakan sama, ruang tempat mengetik sama.
gambar. Contoh hubungan variabel independen-kontrol, dependen.



sumber: Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

1 komentar:

  1. JackpotCity Casino Resort - Mapyro
    MapYRO 용인 출장마사지 Realtime Gaming Realtime Gaming Realtime Gaming Realtime Gaming 안양 출장안마 Realtime Gaming Realtime Gaming 안산 출장안마 Realtime 속초 출장안마 Gaming 상주 출장마사지 Realtime Gaming Real

    BalasHapus